Senin, 17 Oktober 2011

Mengatasi gugup saat persentasi di sekolah

Little Miss Ejji ッ

Buat lo-lo pasti pernah kan gugup pas persentrasi atau malah sering???
all right guys, sekarang kalian gak perlu gugup LAGI
causewhy?
karena oh karena gue punya tips jitu buat lo lo dan lo
check it out guys


  • Sebelum presentasi, siapkan diri dulu dengan memahami materi apa yang akan kita bawakan. Biar nggak ribet, bikin saja pointers di kertas kecil  tentang apa yang akan kita presentasikan. Nggak usah menulis panjang lebar, ya.
  • Bersikap nothing to lose. Keinginan kita untuk melakukan sebaik mungkin tanpa cacat, atau ketakutan untuk membuat kesalahan bikin kita jadi tegang dan grogi sendiri.
  • Tenang dan hadapi audience dengan percaya diri. Kalau memang kita termasuk berbakat melawak, boleh banget tuh menyisipkan humor di awal presentasi kita. Tapi, kalau kita tipe yang serius, ya nggak usah memaksakan diri untuk ngelawak, ya. Daripada garing, hihihi…
  • Usahakan untuk berbicara jelas dan nggak usah terburu-buru. Ibarat CD Player, kadang kita juga perlu mem-pause presentasi kita. Nah, saat inilah kita ambil nafas panjang untuk makin mengurangi grogi.
  • Jangan lupa juga untuk eye contact sama audience, ya. Nah, gue punya sedikit tip nih. Kalau kita ‘nggak sanggup’ untuk eye contact, kita cukup melihat rambut di atas kening audience saja. Psstt, dari jauh kita akan terlihat seperti memandang mata mereka, lho.
jadi gak usah ada kata GUGUP lagi 
CONFIDENCE and BELIEVE
kalo lo bisa dan jangan tanggep hal-hal aneh dari temen-temen jail lo itu yah!

LOve ya Kiki :*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar